Trend Pangan Tahun 2021

Sudah lebih dari satu tahun kita hidup dalam kondisi pandemi yang membatasi kita semua dalam melakukan berbagai aktivitas yang biasa kita lakukan. Dampak dari kondisi ini cukup besar termasuk dalam industri pangan. Konsumen produk pangan mulai memilih produk pangan sesuai dengan kebutuhan yang paling spesifik. Hal ini membuat produsen produk pangan harus kreatif dalam mengolah berbagai produk pangan.

Dilansir dari Kerry Health and Nutrition Institute dalam majalah Kulinologi, berikut adalah beberapa makanan yang akan banyak muncul pada tahun 2021.

  1. Makanan yang meningkatkan imunitas
    Beberapa makanan yang mengandung zat gizi, seperti vitamin dan probiotik.beberapa vitamin seperti vitamin C, vitamin D dan mineral Seng diketahui memiliki efek untuk meningkatkan daya tahan tubuh terhadap penyakit.
  2. Bersumber dari bahan nabati
    Beberapa waktu belakangan ini, trend mengkonsumsi bahan pangan nabati mulai meningkat. Banyak diantaranya berbagai jenis buah-buahan, sayuran dan biji-bijian menjadi alternatif zat gizi pengganti sumber hewani. Hal inilah yang menjadi tantangan bagi produsen industri pangan untuk kreatif dalam menggabungkan dan membuat produk nabati tersebut memenuhi gizi yang setara dengan bahan hewani sehingga konsumen tidak mengalami defisiensi salah satu zat gizi.
  3. Less sugar
    Beberapa produk yang mengklaim bahwa ingridient atau komposisi dasar dari produknya menggunakan gula alami seperti madu, gula bit dsb. Konsumen saat ini meyakini bahwa produk rendah gula atau gula alami lebih sehat dan memiliki lebih banyak manfaat.

Nah…kira-kira ada yang bisa untuk dijadikan judul skripsi temans THP nggak nih?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *