Strategi Membangun Merk Untuk Bisnis Kuliner I

Tidak bisa dipungkiri bahwa merk, memiliki andil besar dalam bisnis, terutama bisnis makanan dan minuman atau kuliner. Beberapa konsumen memiliki mindset bahwa salah satu merk tertentu memiliki kelebihan yang lebih banyak dibanding dengan produk sejenis dengan merk lain. Kenapa? karena ada Brand (merk) disitu.

Brand alias merek bukan sekadar nama yang melekat pada produk. Lebih dari itu, merek adalah sesuatu yang menunjukkan siapa Anda yang membuat Anda berbeda dari yang lain. Karena itulah membangun merek atau branding merupakan hal yang penting dan strategis saat Anda memulai sebuah usaha kuliner. Anda pun perlu menginvestasikan waktu dan usaha dalam proses ini. Sebab, merek adalah magnet yang akan menarik konsumen kepada produk atau layanan Anda.

Membangun merek untuk usaha kuliner sebetulnya sama halnya dengan bisnis yang lain. Beberapa tahapan yang harus Anda jalankan antara lain brand positioningbrand identitybrand personality, serta brand communication.

Brand positioning berarti cara perusahaan menempatkan diri di mata konsumen melalui keunggulan dan kelebihan dibanding kompetitor.  Sementara brand identity punya arti: persepsi tentang merek yang ingin perusahaan sampaikan kepada konsumen. Sehingga, membentuk persepsi konsumen mengenai merek tersebut.

Anda juga perlu menjalankan brand personality dengan cara menambah daya tarik merek lewat pemberian karakteristik pada merek itu. Tahap selanjutnya, brand communication yakni mengomunikasikan merek kepada konsumen.

Sumber : Bogasari.com
Editor : Admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *