Solusi Pengeringan Produk Pertanian

Bahan hasil pertanian umumnya memiliki kadar air yang cukup tinggi sehingga sangat mudah mengalami kerusakan. Kerusakan akibat tingginya kadar air biasanya diakibatkan oleh adanya mikroorganisme yang terdapat didalamnya, mikroorganisme memanfaatkan kandungan air bebas dalam bahan pangan untuk hidupnya.

Sumber: Instagram Kementrian Pertanian

Salah satu usaha untuk menurunkan kadar air adalah dengan metode pengeringan. Penggunaan teknologi pengeringan matahari adalah salah satu solusi penurunan kadar air, namun penurunan kadar air dibawah sinar matahari langsung memiliki resiko kontaminasi lebih tinggi. beberapa kontaminasi yang sering terjadi antara lain adalah kontaminasi serangga, unggas, debu, kerikil dll.

Teknologi pengeringan Solar Dryer Dome bisa menjadi solusi supaya produk pertanian tidak terkontaminasi dari debu, air hujan dan cahaya ultraviolet. Selain itu teknologi ini juga dapat menjaga produk pertanian agar tidak mudah busuk, aroma dan rasa tetap kuat. sehingga meningkatkan kualitas mutunya.

Metode ini cocok digunakan untuk menurunkan kadar air atau mengeringkan semua komoditas pertanian seperti gabah, jagung, ubi-ubian, cabai dll.

Sumber: Instagram Kementrian Pertanian
Editor: Admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *