Selamat Hari Kartini Untuk Seluruh Wanita Indonesia

Sejak dulu kita selalu diberitahu bahwa tanggal 21 April adalah Hari Kartini. Tahukah temans THP siapa Kartini itu?

Kartini merupakan putri dari Raden Mas Adipati Ario Sosroningrat, seorang Bupati Jepara. Beliau lahir di Jepara, pada 21 April 1879. Kartini dikenal sebagai pelopor kebangkitan perempuan pribumi. Dia diperbolehkan bersekolah di ELS (Europese Lagere School) hingga usia 12 tahun.

Karena Kartini bisa berbahasa Belanda, di rumah ia belajar sendiri, membaca, dan menulis surat kepada teman-teman korespondensi yang berasal dari Belanda. Dari buku-buku, koran, dan majalah Eropa yang dibacanya, Kartini tertarik pada kemajuan berpikir perempuan Eropa.

Kemudian Kartini dijodohkan dengan Bupati Rembang, K.R.M. Adipati Ario Singgih Djojo Adhiningrat, yang sudah pernah memiliki tiga istri. Kartini menikah pada 12 November 1903. Suaminya mengerti keinginan Kartini dan Kartini diberi kebebasan dan didukung mendirikan sekolah wanita di sebelah timur pintu gerbang kompleks kantor kabupaten Rembang.

Seteha Kartini meninggal, para sahabatnya di Belanda kemudian mengumpulkan tulisan-tulisannya, dan menerbitkannya dalam buku berjudul ‘Door Duisternis tot Licht’ atau Habis Gelap Terbitlah Terang. Dalam buku tersebut terdapat sejumlah kutipan inspiratif, yang dapat menjadi inspirasi bagi kaum wanita saat ini, untuk terus meraih mimpi dan cita-citanya.

Sumber : detik.com
Editor : Admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *