Resep Homemade Susu Kedelai

Beberapa orang menyebut sari kedelai adalah susu kedelai. Pengertian tersebut sebenarnya sangat tidak tepat. Susu adalah cairan yang dikeluarkan oleh kelenjar susu hewan mamalia yang diperoleh dengan acra yang benar yang kandungan alaminya tidak dikurangi atau ditambah sesuautu apapun dan belum mendapat perlakukan apapun (SNI 01-3141-1998). Sedangkan yang dimaksud dengan susu kedelai adalah hasil ekstraksi biji kacang kedelai dengan air atau larutan tepung kedelai dengan air dengan atau penambahan bahan makanan lain yang diizinkan (SNI 01-3830-1995).

Bagaimana cara membuat sari kedelai adalah berikut, seperti dikutip dari just try and taste

Bahan:
300 gram kedelai
2 liter air matang
200 gram gula pasir (sesuai selera)
2 sendok makan wijen untuk menghilangkan bau langu kedelai
2 lembar daun pandan

Cara membuat:
1. Cuci bersih kedelai kemudian rendam dengan air yang cukup banyak, karena kedelai sangat menyerap air jadi pastikan airnya tidak kurang supaya kedelai mekar sempurna.
2. Rendam minimal 6 jam atau semalaman. Ganti airnya jika terlihat mulai berbusa. Jika anda terlanjur merendam kedelai sementara belum memiliki waktu untuk membuatnya, masukkan saja kedelai yang terendam air ke dalam kulkas.
3. Gosok-gosok kedelai dengan kedua permukaan telapak tangan hingga kulitnya mengelupas, kita tidak akan menyertakan kulit ini ke dalam susu, selain menyulitkan ketika proses penghalusan juga membuat ampas kedelai menjadi kasar. Semaksimal mungkin buang kulit arinya, saya tahu ini agak menyulitkan jadi lakukan semampu anda. 
4. Tiriskan kedelai. Masukkan ke dalam panci tambahkan air hingga menutupi permukaan kedelai. Rebus hingga air mendidih, angkat. Fungsinya adalah untuk memblanching kedelai sehingga mengurangi bau langu yang biasanya ada pada susu kedelai. Tiriskan.
5. Masukkan separuh kedelai ke dalam blender, beri 500 ml air matang dan 1 sendok makan wijen. Proses hingga halus. Tuangkan ke dalam baskom atau wadah penampung lainnya.  Ulangi proses pada sisa kedelai, blender kedelai dengan menambahkan 500 ml air matang + 1 sendok makan wijen. 
6. Saring bubur kedelai dengan menggunakan kain bersih, sebaiknya gunakan kain yang tipis dan halus supaya susu mengalir lancar. Karena saya tidak memilikinya maka saya menyaringnya menggunakan serbet bersih, kainnya agak tebal sehingga memerlukan waktu agar susu mengalir lancar. Peras hingga tidak ada air susu yang keluar. Proses kembali ampas kedelai di blender dengan menambahkan 1 liter air, kemudian ulangi proses menyaring.
7. Ampas kedelainya bisa anda olah menjadi makanan yang lain, saya menambahkan wortel parut, telur, tepung terigu, cabai dan bumbu, kemudian digoreng dalam minyak panas. Jadi deh lauk teman makan nasi :). Lezat.
8. Susu kedelai yang terkumpul di masukkan ke dalam panci tapi untuk memastikan supaya susu benar-benar halus bebas endapan, saring beberapa kali lagi saat susu kedelai anda tuangkan ke panci. Saya menggunakan saringan teh kecil.
9. Rebus susu kedelai dengan menggunakan api kecil, tambahkan gula dan essence lainnya (pandan, coklat, lemon) jika suka. Aduk-aduk selama proses perebusan supaya susu tidak pecah. 

Sumber: website just try and taste
Editor: Admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *