Peluang dan Prospek Kerja Teknologi Hasil Pertanian

Pengolahan Makanan, Kartun, Makanan gambar png
Sumber: www.pngdownload.id

Jurusan Teknologi Hasil Pertanian memang sering dipandang sebelah mata dibandingkan jurusan populer lain. Padahal jurusan ini memiliki prospek kerja yang masih terbuka lebar.

Lulusan Teknologi Hasil Pertanian memiliki peluang kerja untuk banyak bidang berikut ini:

  1. Industri Pangan
    Banyak lulusan yang langsung bekerja di bagian Quality Control dengan tawaran gaji pada entry level 3-4 juta sedangkan tingkat menengah di atas 10 juta per bulan. Jabatannnya beragam, ada bagian QC (Quality Control), Manajer Produksi, Tim Halal dll
  2. Konsultan
    Lulusan THP bisa menjadi seorang konsultan THP dan gizi dengan estimasi gaji mencapai belasan hingga puluhan juta rupiah. Kamu bisa memberikan konsultasi terbaik pada industri makanan terkait proses produksi, pemasaran, trend produk dan lain-lain.
  3. Departemen Pertanian
    Prospek kerja Teknologi Hasil Pertanian bisa membawa Kamu memiliki karir cemerlang sebagai ASN di Departemen Pertanian. Gaji yang ditawarkan untuk pegawai negeri sipil di bidang ini sesuai dengan tingkat golongan. Umumnya gaji pokok ASN berkisar 2 jutaan ke atas belum termasuk tunjangan.
  4. Peneliti
    Kamu juga bisa berkarir menjadi seorang peneliti di Balitbang atau LIPI lho! Soal gaji yang ditawarkan tentu sangat besar sebanding dengan kinerja Kamu. Toh, Kamu bisa mengembangkan passion di bidang pangan sesuai disiplin ilmu yang dipelajari.
  5. BPOM
    Lulusan Teknologi Hasil Pertanian juga bisa menjadi pegawai BPOM atau Badan Pengawas Obat dan Makanan. Gaji pegawai BPOM yang telah bersertifikasi PNS tentu menjamin kesejahteraan mulai gaji pokok hingga tunjangan jutaan rupiah per bulan.
  6. Tenaga Pendidik
    Ingin ikut mencerdaskan anak bangsa sesuai disiplin ilmu yang Kamu miliki? Kamu bisa memutuskan menjadi seorang tenaga pendidik seperti dosen THP. Gaji dosen akan cukup membuatmu memiliki kehidupan layak termasuk tunjangan dan intensif menarik.
  7. Wirausahawan
    Mau menjadi seorang pengusaha makanan atau inovasi produk olahan pangan terbaru, kenapa tidak? Kamu bisa menentukan sendiri berapa omset yang ingin dihasilkan dalam sebulan. Tentu Kamu harus tahu trend pasar termasuk sistem pemasaran yang baik agar bisa menjadi pengusaha produk makanan yang sukses. Contohlah kisah dari Zulham Ariansyah yang menjadi pemilik wisata edukasi dan Ice Yoghurt Sentulfresh Indonesia di Bogor

Nah…gak usah ragu lagi untuk mendaftar di jurusan Teknologi Hasil Pertanian yaa…

Sumber : renesia.com
Editor : Admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *