Paczki – Donat Jelly Ala Polandia

Bahan:
2 sendok makan gula pasir
2 sendok makan mentega
100 ml susu cair hangat- seujung kuku garam
1/4 sendok teh vanili bubuk
2 butir telur ayam
1 sendok teh ragi instant (saya pakai Fermipan)
220 gram tepung terigu protein tinggi (misal Cakra Kembar)
selai favorit anda secukupnya

Cara Membuat:
1. Siapkan mangkuk ukuran sedang, masukkan gula pasir, mentega dan susu cair hangat. Aduk hingga mentega larut dan tercampur baik. Tambahkan vanili bubuk dan garam, aduk rata. 
2. Masukkan telur ayam, pastikan susu telah mendingin saat memasukkan telur agar telur tidak menggumpal matang. Aduk menggunakan spatula balon hingga tercampur, masukkan ragi instant, aduk hingga ragi larut. 
3. Bagi tepung terigu menjadi 4 bagian.
4. Sisihkan 1 bagian tepung, kita akan menggunakannya sebagai taburan di meja saat menguleni adonan.
5. Masukkan setiap bagian tepung secara bertahap, aduk menggunakan spatula setiap kali memasukkan bagian tepung terigu.
6. Adonan yang terbentuk lembek dan lengket. Taburi meja kerja anda dengan tepung terigu yang tadi kita sisihkan. Tuangkan adonan dari mangkuk ke atas taburan tepung di meja. Uleni adonan dengan gerakan ringan, dengan cara melipat-lipatnya dari bagian tepi adonan ke tengah. Tangan anda harus tertutup tepung agar adonan tidak lengket di jari-jari tangan.
7.Uleni selama 5 menit, hingga semua tepung terigu habis dan menyatu di adonan. 
8.Bulatkan adonan, olesi permukaan mangkuk bekas adonan dengan sedikit minyak, letakkan bulatan adonan di dalamnya.
9. Tutup dengan kain bersih. Istirahatkan selama 1 jam atau hingga adonan mengembang 2 kali lipat.
10. Kempiskan adonan.
11. Taburi permukaan meja dan kayu penggilas dengan sedikit tepung, letakkan adonan diatasnya. Gilas adonan dengan ketebalan 1 – 1,5 cm.
12. Cetak dengan cookie cutter atau alat pemotong lainnya berbentuk bulat. Tata adonan di atas loyang beralas kertas minyak atau taburan tepung agar tidak lengket.
13. Lakukan hingga semua adonan habis. Istirahatkan selama 30 menit hingga adonan mengembang. 
14. Panaskan minyak agak banyak di wajan, gunakan api kecil saja untuk menggoreng paczki agar mengembang sempurna dan tidak lekas gosong.
15. Masukkan paczki hingga terendam minyak. Goreng paczki secara bertahap, jangan memasukkan banyak adonan ke dalam minyak kecuali jumlah minyak yang anda gunakan sangat banyak (mak 3 buah adonan setiap kali menggoreng).
16. Goreng hingga permukaannya coklat keemasan, balik-balik selama digoreng. Angkat dan tiriskan. 

Biarkan paczki dingin selama 15 menit. Menggunakan plastik segitiga dengan spuit runcing diujung plastik, masukkan jelly atau selai ke dalam plastik. Tusukkan ujung spuit hingga ke tengah paczki, semprotkan jelly ke dalamnya hingga penuh. Jika anda tidak memiliki spuit runcing, anda bisa memasukkan jelly menggunakan sendok. Cukup buat irisan kecil di sisi paczki, sendokkan jelly ke dalam paczki sambil di tekan agar jelly masuk. 
Tata paczki di piring, taburi permukaannya dengan gula halus dan paczki siap disantap hangat-hangat bersama segelas teh manis. Mantap!

Sumber: Website just try and taste
Editor: Admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *