Mengapa Memilih Jurusan THP?

Teknologi Hasil Pertanian merupakan salah satu jurusan yang sangat menarik dan menyenangkan. Namun sayangnya, masih banyak yang belum tahu seperti apa jurusan ini.

Jurusan ini mempelajari mengenai bahan pangan khususnya setelah panen (pasca panen) serta pengolahannya dengan menggunakan teknologi terkini guna memperoleh nilai tambah produk pangan itu sendiri dan memperpanjang umur produk tersebut.

beberapa Universitas negeri yang memiliki jurusan teknologi pangan ini antara lain yaitu UGM, IPB, UB, UNPAD, UNEJ dan beberapa universitas lainnya.

Kuliah di THP itu menyenangkan karena kita diperkenalkan dengan keseharian kita yaitu makanan dan diajarkan bagaimana cara untuk mengolahnya, mengemasnya, dan mendistribusikannya.

Nah, disiplin ilmu yang paling banyak digunakan di sini 90% kimia dan biologi karena untuk menghasilkan produk pangan berkualitas membutuhkan bahan biologis dan kimiawi. Selain itu, mata kuliah fisika dan matematika masih tetap dibutuhkan karena bagian tertentu masih relevan dengan jurusan ini.

Prospek lulusan THP itu kerjanya luas. Kebanyakan lulusan THP bekerja di pabrik atau perusahaan bidang pangan, seperti PT Unilever, PT Nestle, PT Frisian Flag, PT IndoFOOD, PT TPS Food, PT Heinz ABC, Kraft, dan banyak perusahan bidang pangan lainnya, dengan posisi yang bermacam antara lain sebagai Factory Manager, Production Plant dan Inventiry Control Supervisor, R & D/ QA Supervisor, Quality Control, Production Supervisor, Mekanik, dan lain-lain.

Daannn…… lulusan THP juga bisa buka usaha sendiri seperti pabrik gula, pabrik susu, pabrik makanan kecil lainnya, buka toko bakery, buka restoran, buka toko makanan, berwirausaha, bahkan bisa kerja di bidang non-pangan seperti bank, BPOM, Bulog, dan kementrian bahnkan bisa menjadi chef ya temans….

Jadi gimana? masih ragu untuk masuk jurusan THP kah?

Sumber: javiajc.blogspot
Editor: Admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *