Mata Kuliah Yang Dipelajari Di Jurusan THP

Temans THP kira-kira mata kuliah apa aja yang bakal temans temui ketika kuliah di THP? Tentu saja selain mata kuliah yang dasar, masih banyak mata kuliah lain yang menarik, berikut adalah beberapa diantaranya:

  1. Kimia Pangan
    Di mata kuliah ini teman-teman akan di kenalkan dengan senyawa-senyawa hasil pertanian secara umum, pokok-pokok bahasan rinci mengenainya yaitu : air, karbohidrat, protein, lipida, enzim, pigmen, vitamin dan mineral, flavor, serta food additives dan peranan faktor lingkungan.
  2. Imu Pangan dan Gizi
    Berisi mengenai pengertian gizi dalam makanan dan fungsi zat-zat gizi dalam tubuh; metabolism zat gizi (karbohidrat, protein, lemak, air, vitamin dan mineral) dan factor-faktor yang mempengaruhi; penilaian kecukupan gizi dan status gizi; prinsip malnutrisi dan akibatnya; kebiasaan makan; pengaruh perkembangan usaha pertanian dan industri terhadap penyediaan sumber gizi; senyawa-senyawa anti gizi bahan hasil pertanian.
  3. Mikrobiologi Industri Pangan
    Pada mata kuliah ini, teman-teman akan mempelajari mengenai faktor intrinsik dan ekstrinsik yang mempengaruhi pertumbuhan mikroorganisme dalam bahan pangan. Selain itu juga kita akan mempelajari peranan mikroorganisme dalam kerusakan mikrobiologis berbagai jenis bahan pangan dan hasil olahannya. Beberapa mikroba patogen dalam bahan pangan serta perubahan sifat fisiologis akibat terjadinya perubahan kondisi lingkungan sebagai akibat dari berbagai perlakuan meliputi pengeringan, pemanasan, pendinginan, pembekuan, irradiasi dan pemberian bahan pengawet. Kerusakan pangan secara biologis selama penanganan, pengolahan dan penyimpanan.

Editor: Admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *