Manisan Kolang Kaling

Bulan Agustus identik dengan tema kebangsaan yang meriah. Perayaan hari kemerdekaan Republik Indonesia yang ke 75 bisa dilakukan dimana saja dengan cara apapun ditengah suasana pandemi Covid-19 ya temans. Salah satunya adalah dengan membuat mnisan kolang kaling merah putih.

Nah untuk menghilangkan bau-bauan aneh yang melekat di buah maka kolang-kaling perlu direndam dengan air cucian beras selama semalam, bisa juga dengan meletakkannya didalam wadah plastik dan menyimpannya di chiller kulkas selama 24 jam. Setelah itu cuci kolang kaling sambil di remas-remas menggunakan daun bambu atau daun pisang (klaras) hingga kesat dan bebas lendir.

Bahan:
1,5 kg kolang kaling
1 liter air cucian beras
20 lembar daun bambu ukuran besar
100 g gulapasir
8 lembar daun jeruk purut
300 ml air
1/2 botol sirup cocopandan
beberapa tetes essens frambosen

Cara membuat:
1.Siapkan kolang-kaling, pilih buah yang terlihat bening transparan, firm (cukup keras bukan lembek), berbau fresh selayaknya kolang-kaling dan bukan basi, serta bentuknya masih bulat lonjong utuh. 
2. Letakkan buah di wadah/mangkuk, masukkan air cucian beras dan rendam hingga buah tenggelam dan benar-benar terendam dalam air cucian beras.  Tutup wadah dan simpan kolang-kaling selama 24 jam di dalam chiller kulkas. 
3. Keesokan harinya, tiriskan buah. Cuci bersih, masukkan daun bambu dan remas-remas buah bersama daun bambu selama 5 – 10 menit hingga permukaannya terasa kesat dan tidak berlendir. Buang daun bambu. 
4. Cuci bersih kolang-kaling dan tiriskan. Sisihkan.
5. Siapkan panci, masukkan gula pasir, daun jeruk purut (saya lupa memasukkannya pada step ini jadi daun jeruk masuk terlambat ^_^) dan air. Rebus hingga mendidih. Tuangkan kolang-kaling, aduk rata dan masak hingga buah empuk dan kuah mengental.
6. Tuangkan sirup, dan beberapa tetes essens frambosen, aduk rata dan masak hingga kental dan buah menyerap sirup. Angkat, cicipi apakah kolang-kaling telah cukup empuknya, jika kurang empuk tambahkan air sedikit dan lanjutkan merebus hingga empuk dan kuah kental.
7. Angkat, biarkan dingin. Masukkan manisan ke dalam wadah yang memiliki tutup. Simpan di chiller. Manisan kolang-kaling akan memberikan rasa terbaik setelah berusia lebih dari 2 atau 3 hari. Manisan ini tahan di chiller hingga 2 minggu lamanya. Super yummy!

Untuk warna merah berilah pewarna makanan merah dan untuk warna putih tidk perlu diberi pewarna.
Selamat mencoba!

Sumber: http://www.justtryandtaste.com
Editor: Admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *