Manisan Buah, Salah Satu Proses Pengawetan Bahan Pangan Yang Wajib di Ketahui

Salah satu teknologi pengolahan pangan yang sering dilakukan adalah pengawetan pangan. Berbagai metode pengawetan pangan yang dikenal masyarakat antara lain :
1. Penurunan kadar air
2. Pemanasan
3. Pendinginan

Salah satu metode penurunan penurunan kadar air yang banyak dilakukan yaitu penambahan gula. Tujuan dari penambahan gula ini adalah untuk memperpanjang umur simpan dari buah maupun sayuran. Gula memiliki sifat higroskopis sehingga menyebabkan kandungan air dalam bahan pangan turun. Keadaan ini akan menghambat pertumbuhan mikroba perusak sehingga buah akan lebih tahan lama.

Produk pangan yang dihasilkan dari metode pengolahan ini adalah manisan buah. Jenis manisan buah yang dikenal antara lain :
1. Manisan buah basah, yaitu manisan buah yang hampir seluruh bahannya terendam larutan air gula, Contohnya adalah manisan kedondong, manisan salak, manisan
2. Manisan Buah Kering adalah manisan yang sebagian besar gulanya tidak larut dalam air namun menempel pada produk manisan, sehingga terbentuk lapisan tipis pada manisan yang merupakan lapisan gula yang mengeras. Contohnya : manisan pala, manisan terung, manisan mangga dll.

Sumber : ifoofdfacts
Editor : Admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *