Kopi Hijau, Cocok kah Untuk Diet?

Benar ngak sih kopi hijau cocok untuk Diet?
Menurut Dr. Nur Aini Dosen Ilmu dan Teknologi Pangan Universitas Jendral Sudirman dalam Majalah Kulinologi, kopi hijau merupakan sumber utama asam klorogenat yaitu sekitar 5-12gram dalam 100 gram kopi hijau.

Mekanisme penrunan berat badan oleh kopi hijau adalah
1. Asam klorogenat mampu meningkatkan Basal Metabolic Rate (BMR) dalam tubuh sehingga mampu meminimalkan pelepasan
glukosa berlebihan dari hati ke dalam darah. Mekanisme ini mampu menurunkan kadar gula yang tinggi dalam aliran darah dan meningkatkan kemampuan pembakaran lemak oleh tubuh. Mekanisme ini juga didukung dengan adanya senyawa lakton yang dapat meningkatkan peran insulin dalam darah.
2.Kandungan vitamin dan mineral dalam kopi hijau mampu menjaga kadar nutrisi dalam tubuh kita. Hal ini juga membuat tubuh dapat membakar lemak dan kalori yang tidak diinginkan dengan cepat. Akan lebih efektif bila dibantu dengan olahraga yang tepat.
3. Kopi dikenal sebagai penekan nafsu makan yang sangat efektif, sehingga kita bisa mengontrol keinginan makan berlebihan. Hal
ini tentu sangat efektif bagi anda yang ingin menurunkan berat badan.

Cara Membuat Kopi Hijau yang Menyehatkan Tubuh, Praktis dan Nikmat |  merdeka.com
Merdeka.com

Penelitian Vinson et al (2012), pada pemberian ekstrak kopi selama 2 minggu menyebabkan penurunan berat bedan, indeks massa tubuh, lemak tubuh serta kecepatan denyut jantung.

Hasil penelitian oleh Tom (2007) menunjukkan bahwa orang yang mengkonsumsi kopi instan yang diperkaya asam klorogenat mengakibatkan penurunan berat badan karena berkurangnya penyerapan glukosa.

Jadi teman-teman.. mau diet dengan kopi hijaukah??

Sumber: kulinologi.com
Editor: Admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *