Kisah Sukses Bob Sadino, Pemilik Kem Chicks dan Kem Food

Adakah yang tidak mengenal Bob Sadino, pengusaha yang dikenal nyentrik dengan gaya berbusana yang khas. Lagir di Tanjung Karang Lampung pada tahun 1933 beliau mengahabiskan waktunya di negar kincir angin. Bob Sadino muda kembali ke Indonesia pada tahun 1967 dan bekerja di PT Unilever, namun pada tahun 1975 beliau keluar dari Unilever dan mencoba berwiraswasta.

Usahanya yang pertama adalah penyewaan mobil yang di sopirinya sendiri, akan tetapi usaha tersebut gagal, Bob sadino pun kemudian bekerja sebagai kuli bangunan utuk dapat menafkahi keluarganya. Sampai akhirnya beliau bertemu dengan kawan lamanya yaitu Sri Mulyono Herlambang, seorang pensiunan Jenderal Angkatan Udara yang menyarankan Bob untuk memelihara ayam ras atau ayam negeri.

Saat beternak itulah, Bob mendapatkan inspirasi untuk kembali berwirausaha dengan mulai menjual telur ayam negeri kepada orang asing yang tinggal di Kemang. Pemasarannya dilakukan oleh dirinya dan istrinya, dengan bermodalkan kefasihannya berbahasa asing, produk telur yang ia tawarkan selalu laris diborong pembeli.

Seiring perkembangan zaman usaha ayam ini berkembang menjadi bisnis yang lebih besar. Bob sadino membuat gebrakan dengan mendirikan perusahaan yang dia beri nama Kem chick pada 1970 yang berisi beragam produk pangan impor untuk masyarakat Jakarta.

Lima tahun kemudian melihat permintaan daging sosis yang meningkat, Bob sadino mendirikan Kemfood yang merupakan pelopor industri daging di Indonesia. Perusahaan ini memproduksi berbagai jenis produk olahan daging yaitu sosis, nugget, bakso dan burger.

Sumber: Web entrepreneur.bisnis.com
Editor: Admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *