Kira-kira Berapa Sih Gaji Lulusan Teknologi Hasil Pertanian

Belakangan ini, jurusan teknologi hasil pertanian atau teknologi pangan menjadi jurusan yang sedang trending bagi kalangan calon mahasiswa karena saat ini Indonesia memiliki banyak pabrik dan perusahaan yang bekerja dalam industri pangan dan diperkirakan kalau perkembangan ini akan semakin tajam untuk beberapa tahun ke depan. Namun, bagi beberapa mahasiswa, teknologi pangan sudah dicap sebagai jurusan yang tidak berpeluang karena ketika mereka berbicara mengenai prospek kerja yang ditawarkan oleh jurusan teknologi pangan, mereka hanya memikirkan quality control atau pengendali mutu.

Anggapan tersebut ada benarnya karena kebanyakan mahasiswa yang lulus dari jurusan ini sering mendapat prospek kerja sebagai quality control, tetapi di sisi lainnya masih terdapat banyak pilihan prospek kerja yang memiliki tawaran gaji yang menggiurkan.

Nah, bagi calon mahasiswa yang ingin mengetahui prospek kerja dari jurusan teknologi pangan berserta perkiraan gaji yang ditawarkan. Berikut kisaran gaji yang bisa didapat oleh mahasiswa lulusan teknologi pangan:

  1. Quality Control
    Karena dari tadi membicarakan prospek kerja quality control, akan lebih baik jika daftar ini dimulai dengan prospek kerja tersebut. Jadi, berapa gaji yang bisa diterima oleh mahasiswa yang berprospek kerja sebagai quality control hingga bisa dianggap remeh bagi beberapa orang? Seorang quality control bisa mendapatkan gaji sekitar Rp 3.000.000 sampai Rp 5.000.000.
    Gaji sebesar itu tidak bisa dibilang sebagai gaji yang rendahan karena tugas seorang quality control juga cukup penting yaitu menganalisis mutu pangan dan memastikan kalau bahan pangan yang diolah telah memenuhi standar prosedur yang berlaku sehingga produk pangannya dapat dikonsumsi dengan aman dan dapat dipasarkan secara luas.
  2. Konsultan Pangan dan Gizi
    Konsultan pangan dan gizi merupakan salah satu prospek kerja yang cerah karena perusahaan yang bergerak dalam industri makanan memerlukan saran atau masukan dari konsultan pangan dan gizi agar bisa membuat produk pangannya lebih unggul dari para pesaing dan dapat laku keras ketika dipasarkan secara luas. Kalau dilihat dari tugasnya, konsultan pangan dan gizi pantas mendapat gaji yang cukup besar dan hal ini memang benar karena rata-rata seorang konsultan pangan dan gizi bisa mendapatkan gaji yang berkisar antara Rp 4.500.000 sampai Rp 10.000.000
  3. Pegawai Negeri Sipil
    Instansi negara akan selalu membutuhkan bantuan dari mahasiswa lulusan jurusan teknologi pangan. Hal ini berarti bekerja sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS) bisa dibilang sebagai prospek kerja abadi. Di lingkup pemerintahan, mahasiswa bisa bekerja sebagai anggota di beberapa instansi seperti BPOM (Badan Pengawas Obat dan Makanan), LIPI, departemen pertanian, departemen pendidikan, dan sebagainya. Biasanya, gaji yang bisa didapat bervariasi karena setiap posisi yang ditawarkan di lingkungan pemerintah memiliki tanggung jawab yang berbeda, tetapi kebanyakan seorang PNS bisa mendapatkan gaji sekitar Rp 1.000.000 sampai Rp 8.000.000 bahkan lebih jika sudah memiliki kualifikasi yang cukup.

Sumber: https://masoemuniversity.ac.id/
Editor: Admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *