Jenis Minyak Yang Cocok Digunakan Untuk Salad Dressing

Mengkonsumsi salad, akhir2 ini sedang populer. Salad yang biasa dikonsumsi antara lain salad buah dan salad sayur. Beberapa saus yang biasa digunakan yaitu saus yoghurt dan mayyonaise, namun tak jarang pula digunakan saus yang berasal dari beragam minyak yang terbuat dari buah-atau biji-bijian. Selain memberikan citarasa yang gurih pada salad sayur dan buah, kombinasi minyak akan membuat salad lebih bergizi.

Beberapa minyak tersebut antara lain
1. Minyak Biji Anggur
Minyak buji anggur memiliki tekstur dan rasa yang tidak terlalu pekat, hal ini membuatn minya biji anggur cocok digunakan sebagai campuran dalam salad karena tidak akan merusak rasa asli dari bahan peyusun salad lainnya. Dalam satu sendok makan minyak biji anggur terkandung sekitar 14 gram lemak tak jenuh, 120 kalori, vitami C, E dan betakarotein yang sangat cocok untuk kesehatan mata.

2. Minyak Wijen
Minyak wijen memiliki tekstur lebih encer dari minyak yang biasa kita konsumsi.Citarasa dari minyak wijen adalah gurih dan sedikit asin yang membuat alad memiliki citarasa yang kaya. Kandungan asam lemak takjnuhnya juga baik untuk kesehatan jantung, selain itu minyakwijen mengandung phytate, yaitu anti bakteri yang berfungsi sebagai antioksidan untuk memperbaiki sel-sel yang rusak.

3. Minyak Kanola
Selain sering digunakan untuk menumis sayuran minyak kanola juga banyak digunakan sebagai kombinasi saus pada salad. Minyak kanola memiliki rasa yang cenderung netral dan tidak terlalu pekat. Kandungan minyak kanola juga mengandung asam lemak omega-3 dan vitamin Eyang sangat bagus untuk kesehatan jantung.

4. Minyak Alpukat
Dengan aromanya yang tidak terlalu tajam serta teksturna yang kentaldan lembut, minyak alpukat akan membaut cita rasa salad semakin lezat. Tak hanya itu saja, kandungan vitamin E dan lemak tidak jenuhnya dapat menjaga elastisitas kulit.

5. Minyak Bunga Matahari
Minyak bunga atahari terbuat dari ekstrak ektrak biji bungan membuat minyak jenis ini memiliki citarasa sedikit lebih gurih yang cocok dipadukan dengan salad. Tak hanya itu kandungan asam linoleat dan linolenat dapat meningkatkan perkembangan otak dan juga meningkatkan kelenturan pembulu darah sehingga mengurangi resiko terkena gangguan jantung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *