Cara Tepat menyusun Bahan Pangan Dalam Lemari Pendingin

Dalam kehidupan sehari-hari, kita tidak dapat terlepas dari keterlibatan lemari es, baik fungsinya sebagai media penyimpanan agar makanan lebih awet, maupun sebagai media pendingin. Tapi tahukah teman-teman, bahwasanya setiap tempat yang berada dalam lemari es, memiliki kegunaan masing-masing dalam menyimpan makanan.

Bagian dalam dari lemari es (dok. kulinologi.co.id)
  1. The Top
    Bagian ini biasa disebut dengan freezer, suhu rata-ratanya mencapai 0 hingga -10 derajat Celcius (untuk kulkas 2 pintu). Idealnya bagian atas dari lemari es digunaan untuk menyimpan produk seperti mentega dan keju. Ikan dan daging juga dapat disimpan pada bagian ini, tapi tidak disarankan untuk jangka waktu yang lama ya teman, karena patut diingat bahwa semakin lama kita menyimpan bahan pangan didalam lemari es, maka nilai gizi akan semakin turun.
  2. The Middle
    Bagian tengah, dari lemari es dapat mempertahankan suhu optimal produk 4-5 derajat Celcius. Produk pangan yang seharusnya disimpan di bagian ini ialah, ikan segar, daging yang telah dimasak, telur, produk susu (seperti keju lunak), krim dan yogurt.
  3. The Lower Levels
    Tingkat yang lebih rendah dari lemari pendingin dapat mempertahankan suhu sekitar 25-24 derajat Celcius untuk daging mentah dan makanan siap saji dingin.
  4. The Drawers
    Bagian paling bawah dari lemari es memiliki suhu paling tinggi yakni 25-30 derajat Celcius, bagian yang paling tepat untuk penyimpanan buah dan sayuran. Tapi perlu diingat ya teman, tidak semua sayuran dan buah harus dimasukkan lemari es.
  5. Door
    Pada bagian pintu memiliki suhu yang lebih tinggi dan cenderung tidak konstan. Hal ini dikarenakan bagian pintu merupakan bagian yang sering kontak dengan udara luar. Bagian ini baik digunakan untuk menyimpan minuman ringan, soda, jus dan kondimen.

Sumber : Kulinologi.co.id
Editor : Admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *