Bagaimana Mengolah Udang Dengan Tepat?

Siapa yang tidak suka udang? dagingnya yang manis dan gurih serta kandungan gizi yang kaya akan protein membuat udang menjadi salah satu primadona hidangan laut.

Dalam mengaplikasikannya, udang dapat dimasak dengan berbagai teknik memasak, seperti di goreng, direbus, dipanggang atau dikukus. Prosesnya pun tergolong cepat, dalam hitungan menit udang dapat cepat berubah warna dan matang. Tetapi, jangan sampai udang sudah berubah warna tetapi belum matang, atau sudah matang tetapi bumbu tidak meresap secara sempurna.

Berikut adalah beberapa cara memasak udang dengan tepat

  1. Pilih udang yang masih segar
    Secara fisik, udang sgar ditandai dengan warnanya tidak membiru, daging masih kenyal serta tidak berbau tajam.
  2. Marinasi selama 30 menit
    Cara ini digunakan agar bumbu meresap sempurna. Marinasi trsebut disesuaikan dengan hidangan apa yang akan dimasak
  3. Jangan overcooked
    Hal ini harus dihindari bila anda memasak udang. Karena udang cepat berubah warna jika terlalu lama, masalah yang timbul adalah warna yang tidak terlihat indah serta tekstur yang sedikit alot.
  4. Teknik yang berbeda, perlakuan pun berbeda
    Udang yang akan ditumis atau digoreng, sebaiknya di masak dengan api besar dan minyak panas untuk waktu yang tidak terlalu lama agar rasa asli dari udang tetap terjaga. Jika direbus, masukkan udang ke dalam air mendidih masak dalam panci tertutup, angkat dan celupkan ke dalam air dingin agar warna dan tekstur tetap kenyal.
  5. Pilih bumbu yang sesuai
    Saat ini sudah banyak bumbu siap pakai yang pas untuk memasak udang atau jenis hidangan tertentu yang terbuat dari udang. Ini salah satu cara untuk meningkatkan cita rasa udang tersebut dengan cara yang mudah.

Sumber: kulinologi.co.id
Editor: Admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *