Bagaimana Cara Membedakan Produk Pangan Asing dan Produk Pangan Lokal?

Tidak susah menemukan berbagai produk pangan asing yang dijual di Indonesia. Pada akhir tahun 2010 banyak sekali produk pangan asing yang masuk di Indonesia. Tapi kira-kira teman THP tau nggak apa perbedaan dari produk pangan asing dan produk pangan lokal Indonesia?

Produk luar negeri, selalu memiliki kode ML pada kemasannya, kode ML ini adalah nomor izin yang dikeluarkan oleh BPOM untuk industri makanan besar yang berasal dari luar negeri atau impor. Kode ML ini juga menandakan bahwa produk tersebut telah secara legal masuk ke Indonesia.

Produk dalam negeri memiliki kode MD pada kemasannya yang artinya makanan dalam negeri. selain kode MD, untuk produk lokal biasanya ada logo PIRT yang artinya bahwa produk pangan tersebut diproduksi oleh UMKM atau industri kecil. PIRT dikeluarkan oleh Departemen Kesehatan setempat ya teman. Produk yang berkode MD ini biasanya adalah produk kering yang tidak mudah mengalami kerusakan sedangkan untuk produk UMKM yang mudah rusak atau high risk harus menggunakan kode yang dikeluarkan oleh Balai POM setempat atau Badan POM pusat.

Sumber: linisehat
Editor: Admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *