Aneka Jenis Mie dan Aplikasinya

Jenis-jenis mie. Sumber: resepkoki.id

Temans THP, berapa kali kira-kira temans mengkonsumsi mie dalam seminggu? Tahukah temans berbagai jenis mie yang ada di Indonesia dan aplikasinya?

Berdasarkan bahan baku dan proses pembuatannya,mi dapat dibedakan menjadi beberapa jenis.

  1. Mie Basah Mentah
    Mie basah tidak tahan lama karena kadar air masih tinggi sekitar 20%. Saran penyimpanan dalam suhu refrigerator (0-10 derajat C). Jika ingin memperpanjang umur simpan. Pada umumnya mi basah mentah ini menjadi bahan baku untuk mie ayam.
  2. Mie Basah Matang
    Mie ini merupakan mie basah mentah yang sudah mengalami perebusan atau pengukusan, dengan kadar air sekitar 20-35%. Mie basah matang dikenal dengan mie kuning atau mie bakso. Mie basah matang ini juga memiliki umur simpan yang pendek karena kandungan airnya yang tinggi.
  3. Mie Kering
    Mie kering terbuat dari tepung terigu maupun dari campuran tepung terigu dengan tepung jagung, ubi jalar dan lainnya. Kadar air mie kering lebih dari 10%. Mie kering ini perlu direbus terlebih dahulu atau direndam dalam air mendidih sebelum diolah menajdi berbagai jenis hidangan. Salah satu hidangan dengan bahan baku mie kering yaitu mie kuah, mie goreng, ifumie, lomie dan lainnya.
  4. Mie Instan
    Terbuat dari tepung terigu dengan atau tanpa penambahan bahan lainnya kemudian dikukus, digoreng atau dikeringkan dan matang setelah dimasak atau diseduh dengan air mendidih dalam waktu 4 menit. Kadar air mie instan tidak lebih dari 8%. Dalam katagori pangan, adapula mie instan lainnya yang terbuat dari campuran tepung terigu dengan tepung lainnya seperti tepung jagung, tepung ubi jalar dan lainnya.
  5. Sohun
    Merupakan produk kering yang terbuat dari tepung ubi kayu dengan kadar air tidak lebih dari 14,5%, berwarna putih dan teksturnya kuat dan liat ketika kering. Tekstur sohun kenyal dan permukaan licin dan berwarna bening. Biasanya digunakan sebagai pelengkap bakso, sop kimlo, soto, tekwan dll.
  6. Bihun
    Terbuat dari tepung beras atau tanpa bahan lain dan kadar airnya tidak lebih dari 13%. Berwarna putih kusam, mudah patah, tapi ketika dimasak tekstur agak kesat. Beberapa resep yang menggunakan bihun seperti ketoprak, laksa, bihun goreng, isi pastel dan risol.

Sumber: Kulinologi.co.id
Editor: Admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *